Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara melatih Ikan Cupang Aduan Supaya Ganas dan Tak Terkalahkan 2021

cara melatih ikan cupang aduan supaya ganas
Foto oleh Tim Mossholder dari Pexels


Cara melatih Ikan Cupang Aduan Supaya Ganas tidak lah semudah di bayangkan. Dikarenakan semua itu memerlukan sebuah teknik khusus dan beberapa trik yang harus anda terapkan setiap harinya.

Apalagi saat ini di akhir tahun 2020 hingga 2021 ini cupang menjadi ikan hias idaman dan sering sekali kompetisi cupang diadakan di berbagai daerah di Indonesia.

Namun tidak banyak para pecinta cupang yang ikut serta dalam kompetisi tersebut kalah dan rugi. Kenapa bisa kalah dan rugi...??

Banyak hal yang menyebabkan cupang tersebut menjadi kalah terutama pada kesehatan dan cara melatih ikan cupang yang kurang tepat. Maka pada artikel ini kita akan membahas secara rinci cara melatih ikan cupang aduan supaya ganas dan tak terkalahkan di tahun 2021 ini.

Berikut 5 cara melatih ikan cupang yang penakut menjadi ganas :

1. Pilihlah Ikan Cupang Yang Strong

Langkah pertama cara melatih ikan cupang aduan adalah dengan memilih ikan cupang yang strong atau kuat fisik nya. Selain itu kalian juga harus mengetahui jenis dari ikan cupang tersebut baik itu ikan cupang hias atau ikan cupang aduan atau tarung.

Dimana jika kalian tidak mengetahui kedua jenis ikan cupang tersebut maka jangan berharap untuk menang. Karena itu semua menentukan dari nasib kalian ketika ikut di tournament ikan cupang tersebut.

2. Wadah Ikan Cupang Harus Kuat

Jika kalian sudah menemukan ikan cupang yang kuat baik itu dari fisik dan kesehatannya. Selanjutnya adalah wadah dari ikan cupang tersebut kalian harus memperhatikan dari segi kekuatannya dan transparan. Dimana wadah tersebut akan diisi dengan air jernih dan ikan cupang.

Selain itu ikan cupang akan memenuhi wadah tersebut dengan buih - buih yang berguna untuk menandai wilayah kekuasaannya. Dan ketika bertarung maka buih tersebutlah yang akan menjadi insting dan harus dipertahankan.

3. Ikan Cupang Dilatih Untuk Melawan Arus Air

Jika kita sudah mengetahui jenis dari ikan cupang tersebut maka langkah selanjutnya adalah dengan cara melatih ikan cupang di aliran air untuk melawan arus. 

Dimana cara melatih ikan cupang melawan arus ini sangat direkomendasikan karna merupakan sebuah langkah terdasar ketika melatih ikan cupang ini. 

Cara Melatih Ikan Cupang Aduan Dengan Melawan Arus Aliran Air :

Jika kalian mau melatih ikan cupang maka kalian harus menyiapkan sebuah wadah yang dibentuk lingkarang lebar serta stik berbahan kayu atau bisa juga sumpit.

Kemudian kalian masukkan ikan cupang aduan kalian ke wadah atau toples bulet yang berisi air. Setelah itu gunakan sumpit atau stik tadi untuk memutarkan air yang ada di toples bulat tadi secara perlahan. 

Jangan sampai stik atau sumpit terkena ikan cupang aduan kalian. Jika manusia olahraga di GYM maka ikan cupang aduan cukup di toples bulet dengan air yang diputer puter. 

Manfaat dari latihan ini adalah untuk membuat otot-otot yang dimiliki oleh ikan cupang aduan kalian bertambah kuat. Sehingga ketika bertemu lawan ikan cupang aduan kalian dapat melumpuhkan lawan dengan cepat dan tepat.

Cara melatih ikan cupang aduan ini dapat kalian lakukan dengan jangka waktu 30 menit dan 5 hari berturut-turut. Kalian dapat tingkatkan kecepatan putaran air tersebut secara bertahap mulai dari yang pelan hingga semakin bertambah cepat pada setiap harinya.

4. Dilatih Berkelahi dan Bernafas Supaya Stabil

Selain cara melatih ikan cupang aduan untuk melawan arus, ikan cupang dilatih juga untuk bertarung dan bernafas atau yang biasa disebut Jantur oleh pecinta ikan cupang.

Latihan ini merupakan sebuah cara untuk meningkatkan pernafasan dan mental si ikan cupang tersebut ketika bertemu lawannya nanti. Untuk cara melatih ikan cupang aduan berkelahi dan bernafas alat dan bahan yang kalian butuhkan adalah sebagai berikut.

Cara Melatih Ikan Cupang Aduan Dengan Berkelahi dan Bernafas

Toples 100 cm x 10 cm berisi air bersih penuh dan kantung kresek berwarna ( di utamakan warna Hitam ) yang sudah dibentuk menyerupai ikan. Untuk melatih pernafasan ikan cupang memerlukan waktu satu minggu selama 48 jam - 71 jam. 

Disini akan melatih pergerakan ikan cupang ketika mengambil nafas kepermukaan dari toples yang sudah diisi air penuh tadi.  Sehingga jika yang tadinya ikan cupang mengambil nafas di air yang rendah kita latih untuk lebih dalam lagi.

Sedangkan untuk kantung kresek yang sudah kalian rubah bentuk nya menyerupai ikan tadi. Cukup kalian arahkan ke ikan cupang aduan dari luar kemudian digerak-gerakkan dari atas kebawah supaya ikan cupang aduan tersebut ngejar-ngejar.

Hal tersebut untuk membuat ikan cupang aduan berfikir bahwa itu adalah lawan, maka kenapa kantung kresek tadi dibentuk menyerupai dengan ikan. Selain itu kalian jangan sampai ketinggalan untuk selalu memberikan makan dan mengganti air nya jika sudah kotor.

5. Melatih Ikan Cupang Aduan di Piring

Cara Melatih Ikan Cupang Aduan Supaya Ganas dan Tak Terkalahkan yang terakhir adalah dengan piring. Dimana kalian harus menyiapkan piring dan juga air bersih. Piring yang digunakan harus ada cembungannya dimana supaya dapat diisi air.

Hal ini merupakan sebuah cara melatih ikan cupang aduan pada bagian pernafasan dan otot. Dimana ketika ikan cupang dimasukan dalam piring yang berisikan air, ikan cupang akan mencari air dan dilatih untuk bernafas lebih kuat.

Biasanya pecinta ikan cupang 2 sampai 3 hari menjelang tournament cara melatih ikan cupang aduan seperti ini sering kali dilakukan.

Bagaimana mas bro sudah terfikirkan untuk melatih ikan cupang kalian kapan, besok, hari ini, atau nanti...???, Silahkan lakukan segera jika memang ingin mendapatkan kategori sebagai juara di tournament ikan cupang aduan 2021 nanti.

Sekian artikel yang berjudul Cara melatih Ikan Cupang Aduan Supaya Ganas dan Tak Terkalahkan 2021 saya buat. Semoga Suksessss,,,,,

Posting Komentar untuk "Cara melatih Ikan Cupang Aduan Supaya Ganas dan Tak Terkalahkan 2021"