Berapa Modal Usaha Toko Pertanian Untuk Pemula, Cek Disini!

Modal Usaha Toko Pertanian
Berapa Modal Usaha Toko Pertanian

Berapa Modal Usaha Toko Pertanian | Merintis toko pertanian merupakan bisnis yang begitu menjanjikan di zaman berkembangnya teknologi pertanian saat ini. Apalagi anda memilih lokasi yang sangat strategis dan belum ada yang memulainya usaha toko pertanian. 

Jika semuanya sudah siap namun ada satu hal yang harus terpenuhi yakni modal membuka toko pertanian. Maka dari itu anda harus memilih keputusan yang tepat ketika akan memulai bisnis toko pertanian.

Maka berikut ini beberapa penjelasan tentang modal toko pertanian mulai dari NOL.

Mengenal dan Memahami 3 Resiko Membuka Usaha Pertanian 

Sebelum kita masuk kedalam pembahasan dari inti artikel maka kita akan membahas apa saja sih resiko membuka usaha toko pertanian itu..?? Sehingga anda dapat memantapkan pilihan anda ketika membuka usaha pertanian nantinya.

1. Harga Besaing Sangat Hebat dan Ketat

Hal yang pertama ketika membuka usaha obat pertanian adalah persaingan harga dipasaran yang begitu ketat. Bahkan kebanyakan toko memilih menjual harga produk mereka dengan semurah mungkin atau jual modal.

Namun hal ini tidak hanya toko pertanian saja yang memiliki saingan harga tetapi semua toko atau usaha memiliki resiko yang sama. Semua itu tergantung kita bagaimana mencari supplier yang dapat bersaing.

2. Produk Yang Sulit Dihafakan Oleh Penjual

Hal nomor dua adalah sulitnya penghafalan bahan aktif dari berbagai produk pertanian. Dimana ini merupakan sebuah strategi bisnis dan memudahkan produk yang anda jual dapat berjalan dengan baik.

Semakin anda hafal atau tau product knowledge yang anda jual maka disitu anda dapat menguasai keingin si pembeli. Terkadang pembeli datang ke toko bukan berarti tau apa yang akan mereka beli.

Namun mereka selalu bertanya apa produk yang cocok dengan masalah yang mereka alami saat itu. Maka sangatlah penting dalam membuka toko pertanian memahami product knowledge.

3. Pembeli Menghutang

Resiko membuka toko pertanian yang terkahir adalah banyaknya pembeli yang melakukan transaksi dengan metode hutang. Hal ini harus anda hindari supaya bisnis anda tetap berjalan dengan baik.

Karna jika anda lakukan maka itu akan menghambat keuangan anda dalam memenuhi kebutuhan toko anda. Maka ketika anda membuka toko pertanian berikan sedikit pengertian kepada pembeli yang ingin melakukan transaksi secara hutang.

Rincian Modal Usaha Toko Pertanian

Persiapan modal usaha toko pertanian sangatlah penting untuk memulai membuka toko pertanian dari NOL. Ketika membuka usaha tidak hanya mental saja yang harus diperlukan namun modal usaha pun perlu dipikirkan.

Maka dari itu sebelum memulai membuka toko pertanian anda perlu mempersiapkan modal yang cukup terlebih dahulu. Supaya kebutuhan dalam membuka toko pertanian nantinya tercukupi semuanya.

Maka berikut ini beberapa modal yang harus anda butuhkan jika membuka toko pertanian :

Peralatan Toko :

Sewa Toko (Jika Tidak Ada Toko Sendiri) Ukuran 4x10m

Rp. 8.750.000

Biaya 5 Etalase/Bupet

Rp. 5.000.000

Biaya Lampu Penerangan

Rp. 200.000

Biaya RAK Obat

Rp. 1.500.000

Meja Kasir

Rp. 3.850.000

Komputer + Alat Printer

Rp. 6.750.000

Biaya Air dan Listrik/1 Bulan

Rp. 1000.000

Total Keseluruhan

Rp. 27.050.000

Modal Barang :

Pupuk Pertanian

Rp. 19.000.000

Obat-Obatan

Rp. 6.500.000

Bibit Pertanian

Rp. 3.500.000

Peralatan Pertanian

Rp. 16.200.000

Pengemasan

Rp. 900.000

Total Keseluruhan

Rp. 46.100.000

Total Modal Keseluruhan :

Peralatan Toko + Modal Barang = 

Rp. 27.050.000 + Rp. 46.100.000 = Rp. 73.150.000

5 Strategi Membuka Toko Pertanian

Setelah anda menghitung berapa modal toko pertanian mulai dari Nol maka selanjutnya kita membahas strategi membuka toko pertanian. Strategi dalam membuka toko pertanian tidak sembarangan orang bisa.

Terkadang orang malah tidak mau bagi-bagi jika kita meminta membagi apa saja strategi yang mereka lakukan. Nah jangan khawatir disini akan kami beberkan apa saja strategi yang mereka gunakan.

Berikut ini 5 Strategi Membuka Toko Pertanian :

1. Riset Jangkauan Pasar

Langkah pertama dalam membuka toko pertanian adalah dengan meriset jangkauan pasar. Mulai dari pekerjaan mayoritas pendudukan sekitar lokasi toko anda, Penghasilan, dan produk apa yang mereka gunakan setiap harinya.

Sehingga ketika anda membuka toko pertanian di daerah yang sudah anda tentukan tidak bingung kemana produk akan jual.

2. Pilih Produk 

Nah setelah anda meriset jangkauan maka langkah selanjutnya adalah memilih produk yang akan anda jual. Berbagai produk pertanian yang dapat anda pilih adalah Produk Alat Pertanian, Produk Obat-obatan Pertanian, Produk Pupuk Pertanian, Produk Bibit Pertanian dan lain sebagainya.

Selain itu juga anda dapat menggandengnya dengan produk rumah tangga seperti ember, baskom, dan lain sebagainya. Dengan adanya pilihan produk yang sering dibeli oleh konsumen toko anda akan berjalan terus.

3. Riset Pilihan Supplier Pertanian Terbaik dan Terpercaya

Setelah meriset pasar dan juga memilih produk yang akan anda jual. Selanjutnya adalah meriset supplier pertanian terpercaya untuk dijaidkan mitra anda. Disini anda perlu memilih dengan baik dan benar karna ini merupakan masa depan kemajuan dari toko anda.

Dimana tugas anda dalam memilih dan meriset supplier adalah menilai dari harga dan juga lokasi yang jauh dari toko anda. Dimana harga yang diberikan oleh supplier anda jauh lebih terjangkau untuk di jual kembali. Maka anda dapat menentukan keuntungan dari setiap produk yang anda jual.

Jika anda berlokasi di lampung tepatnya di lampung tengah maka kami selaku toko pertanian lampung aneka jaya siap melayani anda dimana saja dan dimana saja. Berbagai produk kebutuhan pertanian dapat anda pilih di toko kami baik itu bibit pertanian, obat pertanian maupun pupuk pertanian.

4. Tentukan Lokasi Yang Strategis

Lokasi yang strategi merupakan sebuah hal penting dalam membuka toko pertanian. Hal utama yang menyebabkan kurangnya pembeli di toko anda biasanya disebabkan oleh lokasi yang kurang strategis.

Biasanya dalam memilih lokasi yang tepat dan strategis adalah dapat dijangkau oleh kendaraan roda 4 ataupun 6. Sehingga aman lebih memudahkan pembeli untuk datang ke toko anda.

Selain itu letak dari produk anda juga perlu diperhatikan karna jika ada salah satu produk anda yang tidak terlihat oleh konsumen maka produk tersebut tidak akan berjalan. Maka anda perlu menyusun produk anda dengan rapi dan mudah terlihat.

5. Berikan Pelayanan Yang Nyaman dan Aman

Selain dari ke empat strategi di atas anda juga harus memperhatikan pelayanan kepada konsumen anda. Dimana jika anda melayani dengan cuek tanpa memperhatikan konsumen.

Maka mereka akan datang ke toko anda hanya sekali saja dan itu akan membuat toko anda sepi. Karna tekni ini sering dilupakan oleh para pebisnis diluar saja dalam membuka toko pertanian.

Hal yang membuat toko anda laris ada mulut mereka, dimana jika anda memberikan pelayanan yang nyaman dan aman. Secara tidak langsung mereka akan merekomendasikan toko anda kepada orang lain.

Supplier Toko Pertanian Terpercaya di Lampung

Modal Membuka Toko Pertanian
supplier toko pertanian di lampung

Bagi anda yang saat ini sedang mencari supplier toko pertanian di lampung atau pun di luar lampung. Kami siap membantu anda dalam memenuhi kebutuhan toko pertanian anda.

Perkenalkan kami dari Toko Aneka Jaya Lampung menjual segala kebutuhan pertanian seperti pupuk pertanian, obat pertanian, alat pertanian, bibit pertanian dan lain sebagainya.

Kami menjual produk tersebut dengan harga grosir  ataupun ecer tapi jika anda ingin mendapatkan harga yang besaing. Maka kami dapat menawarkan harga grosir sesuai dengan syarat dan ketentuan pembelian.

Dimana Alamat Toko Pertanian Lampung

Jika anda ingin berkunjung ke toko aneka jaya maka anda dapat mencari nya di google yakni Jembatan Saman 1, Dusun 1 Nambahrejo, Kecamatan Kota Gajah, Kabupaten Lampung Tengah. 

Jika anda ingin melihatnya melalui google maps maka klik gambar dibawah ini :
Modal Membuka Toko Pertanian
Selain itu anda juga dapat menghubungi kami jika ingin melakukan konsultasi yakni melalui nomor berikut ini : 0851-8689-1498 (Roni Yahya). Atau lebih mudah lagi klik gambar dibawah ini.

Modal Membuka Toko Pertanian

Beli Produk Pertanian di Marketplace Terpercaya Shopee Toko Aneka Jaya Tani Lampung

Bagi anda yang ingin membeli produk kami secara online dapat kunjungi toko online kami di martkeplce shopee. Nama dari toko kami adalah Toko Aneka Jaya Tani Lampung atau dapat klik gambar dibawah ini :

Kunjungi Website Official Store Kami Untuk Melihat Katalog Produk Toko Aneka Jaya Tani

Apabila sobat tani ingin melihat katalog produk yang ada pada toko kami selain di marketplace shopee di atas. Sobat tani bisa berkunjung di website store Toko Aneka Jaya Tani atau klik ( Toko Pertanian Online ).

Toko Pertanian Online

Lihat Video Testimoni Selang Drip Green Melon Berkualitas Terbaik Dibawah ini


Posting Komentar untuk "Berapa Modal Usaha Toko Pertanian Untuk Pemula, Cek Disini!"