7+ Hama Yang Sering Menyerang Pohon Mangga, Ketahui Sekarang Juga.!

Hama Yang Sering Menyerang Pohon Mangga

Hama Yang Sering Menyerang Pohon Mangga - Hama merupakan sebuah Binatang atau Organisme yang mengganggu dan menyebabkan kerusakan pada proses perkembangan dan pertumbuhan pada beberapa varian tanaman.

Sama halnya dengan pohon mangga yang jika dilihat memiliki batang yang besar ternyata rentan jika sudah terserang hama. Hal ini dapat menimbulkan dampak yang negatif sehingga meresahkan jika tumbuhan anda disinggapinya. 

Bahkan tidak menutup kemungkinan tanaman mangga anda akan terbunuh oleh hama itu sendiri. Maka jika anda tidak ingin mengalami hal tersebut atau malah sudah mengalaminya. Dengan adanya artikel ini dapat memberikan sebuah referensi yang bermanfaat bagi kita semua.

Disini sudah kami rangkum menjadi beberapa jenis hama yang sering menyerang pohon mangga dan harus anda ketahui. Berikut penjelasannya :

1. Hama Wereng Mangga

Hama wereng adalah hama yang sering beraksi di musim kemarau dimana yang diserang adalah sistem pembentukan buah dan penyerbukan. 

Dimana wereng lebih mengincar cairan tanaman bunga yang dimana akan diserap cairannya sehingga mengakibatkan bunga buah mangga rontok dan pohon tidak bisa berbuah. 

2. Hama Bubuk Buah Mangga

Jenis Hama bubuk buah pohon mangga yang akan diserang adalah bagian tunas muda hingga buah mangga. Jenis hama yang sering ditemukan menempel dan bertelur pada kulit buah. 

Jika sudah menetas hama tersebut akan masuk ke buah dan kemudian mengakibatkan buah mangga menjadi busuk dibagian dalam. Jika sudah terserang oleh hama bubuk dilihat dari bagian luar buah mangga akan terlihat biasa saja. 

Tetapi akan berbeda ketika kita membuka pada bagian dalam buah mangga. Dimana pada bagian biji buah mangga membusuk dan lama kelamaan buah mangga akan terjatuh dengan sendirinya. 

Cara mengatasi bubuk buah mangga dapat anda berikan zat pengatur tumbuh (ZPT), diantaranya yakni Rotonik, Super KCL, Abi Plus, Prothephon, Portar, da Braphon.

3. Hama Kepik Pada Pohon Mangga

Apabila sudah terserang oleh hama kepik pastinya pada buah mangga akan muncul bintik hitam, selain itu apabila kita belah buahnya sudah membusuk. 

Nah supaya anda tidak rugi segera gunakan insektisida untuk hama kepik yang bagus. Diantaranya adalah  insektisida Sidametrin, Curacron, Stopper 25EC dan lain sebagainya.

4. Hama Tungau Pada Pohon Mangga

Tungau merupakan hama yang sering menyerang pohon mangga serta merusaknya. Cara yang digunakan adalah menghambat pada bagian penyerbukan dan pembentukan bunga sampai berbentuk buah.

Jangan khawatir anda dapat mengatasi hama tungau ini dengan mudah dan murah. Diantaranya pestisida untuk hama tungau sebagai berikut Samite 135 EC.

5. Hama Thrips Pada Pohon Mengga

Hama Thrips merupakan hama yang menyerang pada bagian daun muda dan juga bunga pada pohon mangga. Dimana cairan Epidermis pada daun dan buah akan di hisap.

Sehingga ini dapat menyebabkan salah satu daun yang tertusuk akan terlihat seperti terbakar dan berubah warna menjadi coklat. 

Langkah pertama untuk cara mengatasi hama thrips pada pohon mangga adalah memetik bagian daun yang terserang dan lakukan secara rutin. 

Selain itu anda juga dapat menggunakan obat hama trip paling ampuh untuk obat penyemprotan diantaranya Insektisida Curacron 500 EC, Agrimec 18 EC.

6. Hama Lalat Buah Pada Pohon Mangga

Hama lalat buah mangga merupakan hama yang dapat mengkibatkan tanda bintik-bintik hitam kekuningan. Bahkan jika dibiarkan buah mangga akan menjadi busuk sebelum waktunya matang.

Jenis hama utama dari pohon mangga ini terkadang membawa bakteri dan juga jamur sehingga menyebabkan penyakit tanaman. Maka dari itu anda harus lebih cepat dan tanggap untuk mengendalikan hama lalat buah ini.

Tenang jika sudah mendengar hama lalat buah adalah hama utama maka jangan khawatir. Anda dapat mengendalikakan hama lalat buah ini dengan gampang yakni biasa nya dengan cara membungkus buah mangga yang ada di pohon menggunakan plastik bening.

Selain itu juga anda dapat menggunakan perangkap lalat buah yang dapat anda beli di toko pertanian atau toko pertanian online.

7. Hama Putih Pada Tanaman Mangga

Hama putih pada daun mangga merupakan hama yang mempunyai tubuh berwarna putih dan wilayah yang diserang adalah bagian Daun mangga. Selain itu pergerakan dari binatang ini sangatlah cepat dikarenakan memiliki sayap dibagian tubuhnya. 

Ketika beraksi hama putih ini menyerap cairan yang ada pada daun mangga sehingga membuat daun tersebut berubah warna menjadi putih dan teksturnya menjadi kering.

Untuk mengatasi hama putih pada pohon mangga yang masih kecil atau ukurannya masih terjangkau bisa dengan cara alami, cara alami ini adalah cara terbaik untuk mengatasi serangga putih jika dibandingkan dengan menggunakan pestisida.

Cara mengatasi hama putih pada daun mangga cukuplah mudah anda bisa menggunakan cara alami yakni mengusap bagian daun dengan spon atau kain. Dengan catatan binatang masih berukuran kecil dan belum beranjak dewasa.

Tetapi jika ukuran hama daun putih ini sudah dewasa atau besar maka anda dapat mengatasinya dengan Pestisida khusus untuk membasmi berbagai jenis hama. Metode yang digunakan adalah menyemprot pada bagian daun mangga tersebut secara berkala 7 sampai dengan 10 hari sekali.

Penutup :

Mungkin itu tadi pembasahan yang dapat saya sampaikan kepada anda semoga bermanfaat dan berguna. Jika ada pertanyaan maka anda dapat berkomentar di artikel ini yang berjudul " Hama Yang Sering Menyerang Pohon Mangga, Ketahui Sekarang Juga.! ".

Jika anda ingin berbelanja produk pertanian aman dan terpercaya dapat langsung kunjungi Toko Pertanian Online Terpercaya kami sekarang juga.

Sekian dan terima kasih......

Posting Komentar untuk "7+ Hama Yang Sering Menyerang Pohon Mangga, Ketahui Sekarang Juga.!"