Obat Untuk Memperbanyak Buah Padi Umur 7 sampai 65 Hari

Obat Untuk Memperbanyak Buah Padi

Hallo sahabat tani pada kesempatan kali ini saya akan membagikan bahasan tentang obat untuk memperbanyak buah padi umur 7 sampai 65 hari. 

Karena saat ini di daerah saya dan saya sendiri juga menanam padi dengan jenis varietas Ciherang. Dimana jenis bibit padi yang memiliki kesehatan dan dapat terhindar dari serangan hama juga penyakit sekaligus dambaan setiap petani.

Nah Oleh sebab itu banyak petani yang menggunakan berbagai jenis obat pada padi mereka mulai dari umur 7 sampai 65 hari.

OBAT UNTUK MEMPERBANYAK BUAH PADI ATAU ANAKAN PADI

Selama ini kebanyakan petani padi hanya berfokus pada pengendalian hama dan penyakit tanaman padi. Karena menurut mindset mereka padi yang memiliki kualitas bagus harus terbebas dari hama dan penyakit.

Meski hal tersebut tidak 100% salah, mindset seperti ini juga tidak 100% benar. Kenapa bisa seperti ituu..?? karena selain bebas hama dan penyakit tanaman padi juga butuh nutrisi untuk bisa tumbuh dan berkembang.

Misalkan dengan logika padi itu ibaratnya seperti manusia pasti membutuhkan makan dan minum supaya tumbuh menjadi sehat dan kuat. Maka dari itu jika tanaman padi anda ingin memiliki kualitas bagus diharapkan untuk menyimak pembahasan dibawah ini.

Nah langsung saja berikut Obat Untuk Memperbanyak Buah Padi yang kami rekomendasikan untuk sahabat tani. Namun perlu diingat bahwa penggunaan pupuk nitrogen atau urea berlebihan atau waktu aplikasi menghubungkan susulan yang terlambat dapat memicu pembentukan anakan lebih lama.

Apabila sahabat tani tidak mengerti yaitu ketika lewat 35 hari setelah enam namun biasanya anakan yang terbentuk itu tidak produktif. Lalu apa saja obat untuk memperbanyak buah padi atau anakan padi tersebut :

Obat Padi Untuk Umur 1 Hari

Deretan obat untuk padi yang baru pindah masa tanam adalah pestisida jenis-jenis Moluskisida atau Obat Racun Keong.

Sebenarnya apabila sudah memasuki musim tanam tidak ada keong yang menyerang tanaman padi. Tapi jika sudah memasuki musim tanam yang kedua maka keong tersebut mulai bermunculan.

Untuk mengatasi hal tersebut biasanya saya menyebarkan obat keong sawah paling ampuh ketika satu hari sebelum padi ditanam.  Fungsi dari pemberian moluskisida ini diharapkan supaya padi yang baru dipindah tanam tidak habis dimakan oleh Keong Mas.

Dikarenakan tanaman padi yang baru pindah belum memiliki batang yang cukup kuat sehingga mudah dimakan oleh hewan berlendir ini. Untuk memilih jenis obat pembasmi keong mas sahabat tani bisa membelinya di toko pertanian terdekat.  

Kalau saya sendiri biasanya untuk obat keong mas pada tanaman padi menggunakan Bentan 45Wp. Selain pembelian obat keong ini herbisida pra tumbuh juga sangat dianjurkan untuk kelangsungan dari tanaman padi.

Apalagi bagi anda yang memiliki sawah berjenis tadah hujan herbisida purna tumbuh diperuntukkan agar rumput tidak mudah tumbuh. Sehingga padi tidak memiliki kompetitor untuk dapat tumbuh dengan sempurna.

Ada beberapa merek herbisida pra tumbuh untuk tanaman padi  yang bisa anda gunakan yaitu Dupont Ally Plus 77Wp, TI-Gold 10Wp dan jenis lainnya

Obat Padi Ketika Berumur 7 Hari

Pada masa padi umur 7 hari setelah pindah tanam biasanya tanaman padi sudah mulai menghijau. Arti dari menghijau daun tanaman padi adalah proses adaptasi pindah tanam sudah selesai.

Sehingga dari penghijauan daun tersebut tanaman padi siap untuk tumbuh dan memulai memproduksi anak. Oleh sebab itu obat yang cocok digunakan pada padi umur 7 hari adalah obat penambah anakan padi.

Selain itu padi juga dapat diaplikasikan dengan jenis-jenis obat  fungisida yang berkhasiat untuk menghentikan pertumbuhan jamur. Jamur tersebut timbul akibat patahan atau potongan daun dan batang padi saat pindah tanam.

Maka apa saja untuk jenis fungisida yang bisa sahabat tani gunakan..?

Antracol saya rekomendasikan untuk sahabat tani tapi untuk obat anakan sahabat tani bisa memilih di toko pertanian terpercaya di wilayah anda. Tetapi penggunaan obat anakan tidak perlu tapi setiap petani berbeda-beda maka tergantung dari masing-masing sahabat tani saja.

Obat Padi Pada Umur 15 Hari

Pada usia ini anakan padi sudah mulai tumbuh dan berkembang maka pemberian pupuk berunsur nitrogen yang terdapat pada urea sangat dianjurkan. Dimana berguna untuk memberikan rangsangan pada pertumbuhan akar yang bertujuan agar anak yang dihasilkan bisa tumbuh dengan sempurna.

Biasanya saya akan memberikan pemupukan pada padi yang berusia 10-15 hari dan jangan lupa satu hal dan perlu diingat yakni jangan sampai terlalu banyak memberikan unsur urea pada pemupukan. Dikarenakan hal tersebut akan menyebabkan keracunan pada padi.

Jadi kalau ketika anda akan melakukan pemupukan dengan urea dipastikan kondisi lahan sawah sahabat tani harus terkena air. Hal tersebut menghindari padi menjadi berubah warna atau menjadi disebut gosong.

Dikarenakan sifat yang dimiliki oleh pupuk urea ini berbeda ketika tersentuh oleh tangan terasa dingin tapi ketika di aplikasikan ke tanaman padi maka akan berubah menjadi panas. Sehingga membuat tanaman padi menjadi panas dan daun-nya berubah menjadi gosong akhirnya layu.

Obat Padi Untuk Umur 30 Hari

Pada masa ini adalah peralihan dari fase vegetatif ke generatif dalam kondisi ini tanaman sedang membutuhkan nutrisi yang sangat tinggi. Hal ini ditandai dengan keluarnya daun bendera atau padi bunting artinya Malai padi akan segera keluar.

Pada umur tersebut adalah saat yang tepat pembukaan tahap kedua dengan demikian tanaman padi akan menghasilkan malai yang optimal. Apabila kita ingin melakukan pemupukan pada tamanan padi maka anda perlu melihat tiga kondisi tersebut.

Dikarenakan pada kondisi tersebut tanaman padi akan maksimal menyerap unsur hara yang kita berikan dan hasilnya dapat memuaskan. Selain itu anda juga perlu memperhatikan beberpa aspek ketika akan melakukan pemupukan yaitu melihat kondisi iklim, struktur tanah, waktu, tempat, varietas dan faktor lainnya.

Selain itu anda juga bisa menggunakan pupuk Sita dan pupuk KCL atau bisa juga menggunakan pupuk ZA dan Phonska.  Silahkan sesuaikan sendiri apa kebutuhan dari padi ketika dalam pemupukan.

Kemudian pada saat malai keluar maka waktunya untuk melakukan penyemprotan menggunakan obat fungisida Score. Hal ini berguna untuk membuat malai dan builr tanaman padi menjadi bertambah bobotnya.

Obat Padi Untuk Umur 45 – 65 Hari

Pada umur 45 hari yang dimana disebut dengan jenis padi genjah biasanya sudah mulai bunting kecil.  Maka pada Fase ini berikanlah pestisida khusus ulat yang bersifat Sistemik dimana untuk mencegah menetasnya ular penyebab beluk.

Selain pemberian pestisida pada padi umur 65 hari saya juga menganjurkan untuk diberikan jenis obat fungsida. Dimana berfungsi untuk mendapatkan bobot anakan tanaman padi yang maksimal.

Nah Seperti yang saya sampaikan sebelumnya disaat fatih mulai berbulir kemudian mulai mengeras. Maka disitulah saya  mulai melakukan penyemprotan menggunakan fungisida Score.

Penutup :

Demikianlah ulasan singkat tentang pemberian obat tanaman padi pada umur 1-65 hari yang dapat saya sampaikan. Jangan lupa untuk membaca artikel selanjutnya yang dimana membahas tentang fungsi dari obat fungisida dan juga herbisida.

Dapatkan berbagai produk pertanian dan juga perlengkapan pertanian di Toko Pertanian Online Terpercaya Aneka Jaya Store. Atau bisa langsung menghubungi saya roni yahya di 0856-6956-5495 (WhatsApp dan Telpon). Sekian dan terima kasih

Posting Komentar untuk "Obat Untuk Memperbanyak Buah Padi Umur 7 sampai 65 Hari"