Tips Menggunakan Pupuk Jimmy Hantu Untuk Semua Tanaman

 cara menggunakan pupuk hantu

Cara Menggunakan Pupuk Hantu - Tanaman merupakan jenis tumbuhan yang sangatlah membutuhkan nutrisi untuk proses pertumbuhan mereka. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan mereka para petani memberikan pupuk sebagai nutrisinya.

Pemberian pupuk secara tepat akan dapat mempengaruhi proses produktivitas dari tanaman tersebut. Selain itu juga hasil panen dari tanaman akan terus meningkat.

Apakah sobat tani ada yang tau pupuk yang saat ini menjadi incaran para petani seluruh indonesia, terutama di provinsi lampung?.. Ya Pupuk Jimmy Hantu sudah menjadi pupuk favorite para petani untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman mereka.

Mungkin namanya terdengar menyeramkan yakni HANTU, akan tetapi fungsi dan manfaat dari pupuk ini tidak semenyeramkan namanya. Nah untuk mengenal lebih jauh apa itu pupuk jimmy hantu, mari simak penjelasan di bawah ini.

PUPUK HANTU JAGO TANI ADALAH

pupuk hantu jago tani

Apa itu pupuk hantu mungkin sebuah pertanyaan yang saat ini ada di benak sobat tani semuanya. Pupuk hantu jago tani ini merupakan sebuah produk yang berasal dari ciapus, bogor.

Pencipta dari pupuk hantu ini yakni bapak SUGIMIN yang biasa terkenal dengan nama Jimmy Hantu. Asal muasal dari terciptanya pupuk ini yakni bapak sugimin hanya ingin membuat proses pertumbuhan tanaman menjadi cepat dan membesar.

Dimana seperti batang kokoh, menghasilkan buah yang besar, dan membuat daun lebih lebar dengan metode semprot. Selain itu beliau membuat pupuk hantu ini hanya menggunakan bahan yang dicampurkan seperti rempah-rempah, madu dan juga daun sirih.

KANDUNGAN PUPUK HANTU

kandungan pupuk hantu

Sobat tani pasti ada yang penasaran kenpa kok pupuk hantu ini bisa viral dan menjadi favorite para petani. Apa saja sih kandungan yang ada dalam pupuk jimmy hantu ini.?

Kandungan nitrogen yang terdapat dalam pupuk hantu yang dimana berfungsi untuk merangsang pertumbuhan tunas, klorofil, cabang, protein, lemak dan juga batang.

Tidak hanya itu ada 17 kandungan Asam Amino yakni :

  1. Gilsin
  2. Arginin
  3. Phenilalanin
  4. Methionin
  5. Valin
  6. Lisin
  7. Asam Glutamat
  8. Serin
  9. Isoleuisn
  10. Alanin
  11. Leusin
  12. Prolin
  13. Asam Aspartat
  14. Histidin
  15. Trosin
  16. Threonin
  17. dan Sistin

Kemudian untuk kandungan Hormon pada pupuk hantu diantaranya ada 6 yakni :

  1. GA7
  2. GA3
  3. Zeati
  4. GA5
  5. Kinetin
  6. Auksin IAA

JENIS PUPUK JIMMY HANTU

jenis pupuk jimmy hantu

Setelah kita mengetahui beberapa kandungan yang ada pada pupuk jimmy hantu maka pembahasan selanjutnya ada jenis pupuk jimmy hantu. Diantaranya ada beberapa jenis sesuai dengan fungsinya masing-masing :

1. Pupuk ZPT Hantu Untuk Pertumbuhan

Pupuk hantu yang digunakan untuk pertumbuhan ini mempunyai berbagai fungsi yang dimana digunakan ketika tumbuhan melakukan vegetatif dan disebut sebagai Prekusor. 

Ada berbagai jenis Pupuk ZPT  jimmy hantu yang dapat sobat tani pilih di pasaran. Diantaranya sebagai berikut :
  1. ZPT Hantu Multiguna Exclusive
  2. ZPT Hantu Wong Tani
  3. ZPT Ratu Biogen SL
  4. ZPT Hantu Langitan
Untuk mendapatkan beberapa diatas anda dapat membelinya di toko shopee kami harga terjangkau dan dapatkan GRATIS ONGKIR... Klik gambar dibawah ini :

2. Pupuk NPK JAGOTANI Untuk Masa Pembuahan

NPK JAGOTANI atau dengan nama lengkap produk NPK JAGOTANI RATU BIOGEN ini memiliki fungsi untuk memberikan perkembangan pada buah. Sehingga hasil buah menjadi berkualitas dan begitu juga rasanya.

Hal tersebut dikarenakan NPK JAGOTANI ada beberapa kandungan didalamnya yakni ZPT, NPK, VITAMIN A, E, D, K dan 17 Asam Amino.

3. POC JANTAN Untuk Nutrisi Tanah

POC atau Pupuk Organik Cair dapat bekerja dengan efektif ketika digunakan pada medianya yang dimana memiliki kandungan bakteri yang baik. POC JANTAN ini berfungsi sebagai pupuk pelengkap ZPT dan NPK.

Sehingga jika menggunakan NPK atau ZPT sobat tani dapat memberikan POC untuk mempercepat proses. Selain itu POC juga dapat berguna untuk menyuburkan tanah pada tanaman kita.

Tips Menggunakan Pupuk Jimmy Hantu Untuk Semua Tanaman

Jika proses pengaplikasian yang tidak sesuai dalam menggunakan pupuk maka khasiatnya pun tidak akan terlihat. Sehingga dari sini sobat tani perlu memahami dosis yang tepat dalam pengaplikasi pupuk untuk tanaman.

Dibawah ini sobat dapat menyimaknya untuk mendapatkan tips menggunakan pupuk jimmy hantu :

1. Penggunaan Dosis ZPT Hantu Multiguna Exclusive

Jika sobat tani menggunakan ZPT hantu maka bisa simak dosis yang berikut ini :

  • Pada tanaman sayuransobat tani dapat mencampurkan 2 mili pupuk ZPT hantu dengan 1 Liter Air, kemudian 1x semprot dalam 7 sampai 10 hari.
  • Pada buah batang merambat sobat tani dapat menyemprotkan dibulan berikutnya hanya 1x saja dalam 10 sampai 20 hari.
  • Pada tanaman perkebunan sobat tani dapat mencampurkan 5mili pupuk zpt hantu dengan 1Liter air. Kemudian waktu menyemprot cukup 1x dalam 7 sampai 10 hari dilakukan saat bulan pertama. Untuk bulan selanjutnya lakukan penyemprotan 1x dalam waktu 20 hari sampai 30 hari.

2. Penggunaan Dosis ZPT Ratu Biogen

Selanjutnya apabila sobat tani menggunaka ZPT Ratu Biogen dapat menggunakan dosis sebagai berikut : 

  • Pada tanaman sayuran ( tomat, cabe, buncis, seledri, bawang, dsb ) takaran 1 sendok teh ZPT Ratu Biogen dengan 1 Liter air. Penyemprotan dilakukan dalam 7 hari hanya 1 kali semprot saja. 
  • Pada tanaman buah batang merambat ( Anggur, Timun, Semangka dsb ) dapat menggunakan takaran 1 sendok teh dengan 1 Liter air. Kemudian untuk penyemprotan dalam dilakukan dalam 10 hari hanya 1 kali semprot.
  • Pada tanaman buah batang keras dan perkebunan sobat tani dapat menggunakan takaran 1 sendok makan dengan 1 Liter air. Kemudian lakukan penyemprotan dalam 10 hari dengan 1 kali semprot. Untuk bulan selanjutnya penyemprotan dilakukan 1 bulan sekali saja.

3. Penggunaan Dosis POC Hantu Jantan

Terakhir cara menggunakan pupuk POC Hantu Jantan takaran dosis dapat sobat tani simak berikut ini :

  • Pada tanaman hias dan sayur sobat tani dapat menggunakan takaran 10mili POC dengan 1liter air kemudian lakukan penyemprotan setiap 10hari. 
  • Pada tanaman buah batang merambat, padi, palawija sobat tani dapat menggunakan takaran dosis 10mili dengan 1 liter air. Kemudian penyemprotan dilakukan dibulan pertama setiap 10 hari dan selanjutnya dilakukan setiap 20hari.
  • Pada tanaman buah batang keras dan perkebunan sobat tani dapat menggunakan takaran 20mili POC dengan 1 Liter air. Kemudian waktu penyemprotan setiap 15 hari dibulan pertama dan selanjutnya setiap 20hari.
  • Pada tanaman kelapa dan sawit untuk takarannya 20mili POC dengan 1liter air dengan penyemprotan 1 bulan sekali saja.

Penutup :


Berikut tadi Tips Menggunakan Pupuk Jimmy Hantu Untuk Semua Tanaman yang mungkin dapat sobat terapkan pada tanaman anda. Apabila ada yang kurang jelas sobat tani dapat komentar dibawah.

Selain itu jika ada salah dalam penyampaian juga sobat tani dapat berikan saran dan kritiknya komentar dibawah. Sekian dari kami salam sukses dalam petani Indonesia.

Sumber : 

  • https://abahtani.com/pupuk-hantu/
  • https://ilmubudidaya.com/jenis-pupuk-hantu-dan-kegunaan

Posting Komentar untuk "Tips Menggunakan Pupuk Jimmy Hantu Untuk Semua Tanaman"