Rahasia Cara Membuat Pupuk Organik Cair Perangsang Bunga dan Buah

Cara Membuat Pupuk Organik Cair Perangsang Bunga dan Buah

Nah sobat tani untuk cara membuat pupuk organik cair perangsang bunga dan buah pada tanaman kita kita membutuhkan beberapa bahan. Pada dasarnya ada dua hal yang perlu kita lakukan 

Hal yang pertama adalah kita mencukupkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman agar dapat berbunga dan berbuah. Hal yang kedua adalah kita memberikan tambahan hormon untuk merangsang pertumbuhan bunga dan buah pada tanaman tersebut.

Nah tidak usah banyak kata, berikut bahan, alat dan Cara Membuat Pupuk Organik Cair Perangsang Bunga dan Buah.

Bahan - Bahan Yang di Butuhkan

Ada beberapa bahan yang sudah saya siapkan untuk membuat pupuk organik cair tersebut yakni :

1. Air Kelapa sebanyak 1 liter

Bahan pertama yang kita akan pakai adalah air kelapa tua. Tapi sebenarnya sobat tani juga dapat menggunakan air kelapa setengah tua dengan ciri kulitnya yang masih hijau.

Asal jangan menggunakan air kelapa muda kalau ada kelapa muda lebih baik kita yang minum hehehee. Air kelapa mengandung unsur hara kalium, hormon sitokinin dan giberlin yang sangat berguna untuk pengisian buah pada tanaman. 

Kedua hormon tersebut berperan dalam pembelahan sel pada tanaman sehingga sangat bagus untuk merangsang tumbuhnya bunga pada tanaman.

2. Telur Sebanyak 2 Butir

Selanjutnya bahan yang kedua adalah telur yang mengandung sumber protein lemak hewani dan juga sumber asam amino. Sehingga sangat bagus sebagai sumber nutrisi pada tanaman kita.

3. MSG (MICIN) 1 Sendok Makan 

Bahan yang ketiga yang kita butuhkan adalah micin atau MSG atau vetsin atau apapun yang namanya. Jenis bahan satu ini mengandung unsur hara natrium yang merupakan unsur hara yang sangat dibutuhkan oleh tanaman.

MSG ini digunakan agar dapat membantu proses bekerjanya unsur hara kalium dalam memberikan kekuatan atau mengisi buat dan mencegah kerontokan bunga dan buah pada tanaman. 

4. EM4 Pertanian 1 Liter

Bahan yang selanjutnya untuk dekomposer dalam pembuatan POC adalah EM4 Pertanian dimana manfaatnya nanti akan kita gunakan sebanyak 100-200 ML. Beli em4 pertanian disini!

5. Jantung Pisang sebanyak 1 Buah 

Jantung pisang bahan selanjutnya yang kita siapkan sebagai nutrisi tambahan untuk POC. Jantung pisang merupakan sumber unsur hara Fospor juga sangat dibutuhkan untuk merangsang pertumbuhan bunga pada tanaman.

6. Sabut Kelapa ( COCOPIT )

kokopit merupakan bahan yang terbuat dari sabut kelapa dimana di dalamnya terkandung unsur hara kalium. Unsur hara tersebut sangat berguna untuk mencegah kerontokan bunga dan buah pada tanaman.

toko pertanian online

Catatan 

Untuk bahan ke 5 dan ke 6 opsional apabila sobat tani tidak bisa menyiapkan jantung pisang dan cocopit. Maka sebenarnya keempat bahan yang ada sudah cukup untuk membuat POC perangsang bunga dan buah pada tanaman.

Alat - Alat Yang Dibutuhkan adalah

  1. Blender
  2. Pisau
  3. Tatakan

Cara Membuat Pupuk Organik Cair Perangsang Bunga dan Buah

  1. langkah pertama cacah-cacah jantung pisang sekecil mungkin untuk memudahkan proses blender.
  2. Haluskan 2 biji telur, 100gram jantung pisang , 1 genggam tangan cocopit, dan 300ml air kelapa yang sudah disiapkan menggunakan blender hingga halus. Diblender agak lama supaya cangkang telurnya bisa halus sehingga memudahkan untuk proses dekomposisinya nanti.
  3. Setelah itu tuangkan bahan-bahan yang sudah diblender tadi ke dalam wadah yang agak besar.
  4. Lalu tambahkan MSG sebanyak 1 sendok makan dan aduk hingga merata
  5. Selanjutnya campurkan air kelapa yang masih tersisa
  6. Kemudian tambahkan EM4 Pertanian sebanyak 100ml - 200ml sebagai dekomposer untuk proses fermentasi terhadap POC. Jangan lupa untuk di aduk hingga merata.
  7. Jika bahan-bahan tadi sudah tercampur merata kita simpan di botol dan tidak boleh di isi sampai penuh karena kita harus menyisakan sedikit ruang udara agar proses fermentasi yang menghasilkan gas tidak langsung mendesak keluar sehingga kita punya waktu untuk membuka tutup botolnya dan mengeluarkan gasnya setiap hari.
  8. Simpan POC tadi selama 2 minggu untuk proses fermentasi dan jangan lupa membuka tutup botol untuk mengeluarkan gas yang ada di dalamnya.

Jika sudah tersimpan selama dua Minggu dan setelah itu kita akan saring dan siap untuk kita gunakan.

Dalam proses fermentasi ini akan menghasilkan gas buangan berupa CO2 sebagai hasil dari proses pernapasan dari mikroorganisme yang terdapat di dalam pupuk organik cair. Sehingga sebaiknya setiap hari kita buka tutup botolnya untuk membuang gas tersebut.

Cara Menggunakan Pupuk Cair Organik Pada Tanaman

Langkah pertama sebelum digunakan saring terlebih dahulu dari botol dan kita gunakan dengan cara disemprotkan pada tanaman menggunakan perbandingan 10 ml untuk 1 liter air atau 100 ml untuk 10 liter air.

Selanjutnya kocorkan pada tanaman atau kita semprotkan pada seluruh bagian tanaman bisa kita gunakan dua kali dalam seminggu sampai satu kali dalam seminggu. Kemudian bisa dilihat perubahan setelah kita aplikasikan 2/3 kali pupuk organik cair perangsang bunga dan buah.

Penutup

Maka itulah informasi yang saya sampaikan kali ini tentang bagaimana cara membuat pupuk organik cair perangsang bunga dan buah pada tanaman. POC ini dapat diaplikasikan untuk semua jenis tanaman yang berbunga baik itu tanaman hias atau bunga-bungaan sayur sayuran maupun buah-buahan selama tanaman tersebut menghasilkan bunga dan buah. 

Semoga informasi ini bermanfaat untuk teman-teman semua, sekian dan terima kasih.. Salam Petani Sukses Indonesia.....


toko pertanian online


Posting Komentar untuk "Rahasia Cara Membuat Pupuk Organik Cair Perangsang Bunga dan Buah"