7 Manfaat dan Fungsi Asam Amino Untuk Tanaman

Fungsi Asam Amino Untuk Tanaman

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh Kembali lagi blog pertanian kesayangan sobat tani. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas 7 Manfaat dan Fungsi Asam Amino Untuk Tanaman.

ASAM AMINO ADALAH

Asam amino itu merupakan senyawa organik yang dimana akan berhubungan erat dengan protein. Karena asam amino adalah bahan baku pembentukan protein yang dimana protein sangatlah penting bagi kelangsungan hidup pada manusia, hewan dan tumbuhan.

Secara umum tanaman mampu mensintesis asam amino nya sendiri melalui bahan dasar karbon, oksigen, hidrogen dan nitrogen. Melalui proses biokimia yang kompleks namun proses tersebut itu membutuhkan energi yang besar.

Tanaman mensintesis amino dari unsur-unsur primer seperti karbon dan oksigen yang diserap melalui udara dan tanah. Munculnya primer tersebut itu membentuk karbohidrat melalui proses fotosintesis dan menggabungkan dengan unsur nitrogen sehingga terbentuklah asam amino.

Pada intinya setiap tanaman itu bisa memproduksi asam amino atau sudah ada terdapat asam amino pada setiap tanaman. Yang dimana asam amino tersebut disebut dengan asam amino non-esensial.

Walaupun tanaman bisa melakukan produksi asam amino sendiri tetapi kita juga dapat menambahkan asupan asam amino pada tanaman. Penambahan asupan tersebut dapat dilakukan melalui daun atau perakaran dan disebut asam asmino esensial.

Contoh logika :

Seorang binaraga yang memakan puluhan butir telur setiap hari dilakukan karena telur itu mengandung banyak protein untuk membangun otot. Nah sementara protein itu sendiri dibangun oleh asam amino dan asupan tambahan itu disebut Azam amino essensial.

Begitupun pada tanaman anda bisa menambahkan asupan suplemen seperti asam amino untuk lebih memaksimalkan dari pertumbuhan tanaman dan produksi tanaman. Sudah banyak di pasaran merek dagang yang terdapat kandungan asam amino dan harganya tentu terjangkau.

Sobat Tani selain dapat membeli produk toko pertanian anda juga bisa membuat asam amino tersebut dari ikan kacang-kacangan telur dan lain-lain dengan cara difermentasi.

Jenis Jenis Asam Amino

Jenis asam amino yang dapat membantu memaksimalkan pertumbuhan tanaman dan dari sekitar 20 asam amino tersebut itu terbagi kedalam dua bagian :

1. Asam Amino Esensial 

Asam amino esensial itu menambahkan asam amino tersebut pada tanaman melalui daun atau peragaan.

2. Asam Amino Non-Esensial 

merupakan jenis asam asmino yang diproduksi oleh tanaman itu sendiri.

Fungsi Asam Amino Untuk Tanaman

Tanaman itu pastinya membutuhkan nutrisi unsur hara makro maupun mikro seperti nitrogen, fosfat, kalium, dan lain-lain. Namun penelitian menunjukkan bahwasanya tanaman itu juga membutuhkan suplemen seperti asam amino.

Dimana yang dapat meningkatkan kualitas dan kesehatan pada setiap tanamannya itu sendiri. Berikutnya saya akan membahas 2 fungsi dan 7 alasan penting Mengapa tanaman membutuhkan asam amino : 

1. Asam Amino Berfungsi Sebagai Wagen seleting 

Dimana asam amino itu mempunyai peran membantu penyerapan unsur hara pada tanaman. Pada musim penghujan unsur hara N (nitrogen) itu di tanah ketersediaannya bisa jadi sudah tercukupi atau bisa jadi malah berlebihan.

Maka pada situasi nitrogen yang berlebihan itu akan membuat unsur hara yang lainnya menjadi terhambat dari segi penyerapannya oleh tanaman. Nah pada kondisi seperti itu asam amino itu mempunyai fungsi untuk menyeimbangkan.

Asam amino itu akan membantu proses penyerapan unsur hara yang lainnya agar bisa mudah diserap oleh tanaman. Begitupun asam amino akan mengatur agar nitrogen tidak berlebihan diserap oleh tanaman. 

Nah itulah pentingnya menggunakan atau mengaplikasikan asam amino pada musim penghujan.

2 Asam Amino Berfungsi Sebagai Promotor dan Katalis untuk sintesis berbagai enzim pada tanaman

Namun asam amino ini mudah berasimilasi dan terurai oleh bakteri di dalam tanah sehingga kurang cocok apabila langsung diaplikasikan ke tanah. Ada baiknya diaplikasikan dengan cara disemprotkan pada daun.

Asam amino itu terbilang penting bagi tanaman tapi disisi lain asam amino juga itu dibutuhkan oleh mikroba dalam tanah.

7 Alasan Penting Kenapa Tanaman Membutuhkan Asam Amino

1. Dapat Membantu Fotosintesis

Asam amino itu memberikan banyak manfaat berbeda bagi kesehatan tanaman dimulai dari proses fotosintesis. Tanpa fotosintesis yang tepat tanaman tidak akan tumbuh proses ini bergantung pada produksi klorofil yang perlu menyerap Energi dari matahari.

Asam amino ini akan membantu dalam produksi klorofil yang mengarah pada kualitas fotosintesis.

2. Dapat Membantu Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Daun tanaman terdiri dari stomata yaitu pori-pori kecil yang membantu tanaman menyerap gas dan nutrisi. Ketika tidak ada cahaya dan kelembaban nya rendah stomata akan menutup untuk membantu mengurangi fotosintesis dan penyerapan nutrisi.

Namun ketika langit cerah dan kelembabannya tinggi stomata kemudian akan terbuka. Dimana akan membantu tanaman mendapatkan nutrisi yang tepat dari hujan, sinar matahari dan tanah.

Dengan konsentrasi asam amino yang cukup di dalam tanah asam glutamat adalah jenis asam amino yang melindungi sel stomata dengan mikroskop. Dimana ini dapat mendorong daun untuk tetap terbuka memungkinkan tanaman menyerap lebih banyak nutrisi.

Asam amino juga dikenal memiliki kemampuan untuk mengkelat ketika protein digabungkan dengan sub-nutrisi lainnya. Tanaman dapat menggunakan sub-nutrisi lebih efisien manfaat Ini menghasilkan peningkatan asupan nutrisi

3. Dapat Mengurangi Masalah Ketika Tanaman Stres

Tanaman dapat menahan stres seperti yang diakibatkan dari suhu tinggi kelembaban rendah dan masalah serius lainnya. Asam amino ini akan membantu melawan stress dan membantu tanaman pulih dengan cepat dan mempertahankan pertumbuhan yang lebih padat.

4. Dapat Mendukung Hormon Tanaman 

Asam amino juga mendukung pertumbuhan hormon tanaman yang disebut fitohormon. Fitohormon mengontrol perkembangan tanaman sehat dengan mendukung jaringan dan sel.

Hampir semua tahap pertumbuhan tanaman itu terlibat dalam kontrol hormonal. Penggunaan asam amino dengan tanah dapat meningkatkan produksi fitohormon tanpa harus menggunakan suplemen terpisah.

5. Dapat Membantu Meningkatkan Aktivitas Mikroba 

Protein penting untuk semua sel hidup termasuk sel mikroba yang mendukung kesehatan tanah. L Methioninen salah satu asam amino dapat membantu meningkatkan kesehatan sel mikroba, meningkatkan aktivitas mikroba.

Salah satu peran utama mikroba adalah membantu sirkulasi nutrisi termasuk karbon, nitrogen, fosfat, dan belerang. Aktivitas mikroba sehat mengendalikan komponen ini tanpa aktivitas mikroba sebagian besar pupuk tidak akan efektif.

Mikroba ini akan membantu mengubah senyawa organik menjadi bentuk anorganik. Seperti pengubahan protein dari asam amino menjadi karbondioksida dan air monium.

Pada umumnya mikroba ini menguraikan senyawa agar tanaman dapat menyerap unsur hara. Menambahkan asam amino ke tanah akan meningkatkan proses tersebut.

6. Dapat Memberikan Sumber Nitrogen

Penambahan asam amino ke tanah dapat membantu meningkatkan kandungan nitrogen dengan membatasi kebutuhan pupuk yang menggunakan konsentrasi nutrisi yang tinggi. 

Tanaman dapat mengambil asam amino dari tanah untuk menerima nitrogen organik. Asam amino yang ditemukan secara alami di dalam tanah itu dapat menyediakan protein dengan nitroge.

Namun untuk mendapatkan nitrogen tanaman harus terlebih dahulu mencerna protein yang harus memiliki aktivitas mikroba didalam tanah. Asam Amino ini akan membantu meningkatkan aktivitas mikroba suplementasi tanah dengan zat ini dapat membantu seluruh siklus dari nitrogen.

7. Dapat Meningkatkan Penyerapan Kalsium

Zat Celatin seperti asam amino akan membantu meningkatkan penyerapan nutrisi. Setelah tanaman menyerap mineral sisanya akan terurai menjadi nitrogen organik terlarut atau digunakan langsung sebagai asam amino. 

Celatin akan memiliki efek membantu kesehatan tanaman dari meningkatkan penyerapan kalsium, membuat tanaman memiliki lebih banyak kalsium dan untuk membantu memperkuat sistem vaskular sistem, konveyor nutrisi yang kuat.

Tanaman ini akan mampu menyerap lebih banyak air dan unsur hara meningkatkan kalsium ini dapat membantu mencegah hama dan penyakit.

Ketika tanaman lemah akan ada air di dalam sel yang menarik pertumbuhan jamur dan serangga. Dengan tanaman yang sehat akan ada lebih banyak fektin di dinding sel.

Dinding sel yang lebih tebal itu akan lebih kecil kemungkinannya untuk diserang hama maupun penyakit. Peningkatan penyerapan kalsium juga akan membantu mencegah hama Ketika masalah-masalah itu terjadi.

Pupuk Yang Mengandung Asam Amino

Berikutnya kita akan masuk ke contoh pupuk yang ada kandungan asam amino :

1. Ambition

Memiliki kandungan asam amino 46,9% dan asam fulvat 2% dan ada juga tambahan unsur mikro dan makro nya. Dosis pemakaian cukup menggunakan s sampai dengan 3 ml/lt saja.

2. Amino-Age

Kandungannya di dalamnya terddapat dua jenis yakni vitamin dan asam amino murni. Amino-Age ini terbilang komplit dari unsur hara makro maupun mikro nya dan dosisnya ini 1 sampai dengan 2 ml/lt.

3. Amino Power

Kandungan yang ada di dalam nya yakni  asam amino 20% dan ada tambahan unsur hara mikro nya juga. Dosis penggunaan amino power ini cukup menggunakan 2 gram per liter saja.

4. Winamino-plus 

Kandungan asam aminonya 20% ada tambahan unsur hara makro dan mikro, kemudian hormon ZPTya juga. Untuk dosisnya 1-2 ml/lt.

5. Humatpro 

Kandungan didalam nya yakni asam amino 20% dan asam fulvat 80% ada tambahan unsur hara makro dan mikronya juga.

6. Aminosong 

Untuk kandungan asam aminonya ini saya tidak bisa memastikan juga Tapi ada tambahan unsur hara makro dan mikronya juga. Dosis penggunaan cukup 1-3ml/lt.

7. Amino-Plant 

Kandungan asam amino 55% dan dosisnya cukup menggunakan 0,5-1gram per liter.

8. Boosbloom

Kandungan yang terdapat di dalam boosbloom yakni 17 jenis asam amino ditambah ada unsur hara makro, mikro, hormon dan ZPT.

9. Pupuk Asam Amino 

Kandungan asam aminonya 40% dan nitrogen 20% pengaplikasiannya dengan cara ditabur atau dikocor.

Nah itulah sebagian kecil contoh dari pupuk yang mengandung asam aminoo. Sebenarnya di pasaran sana masih ada banyak jenis dan merk pupuk yang mengandung asam amino. 

Pada pupuk organik dan POC itu biasanya juga ada asam aminonya hanya dari presentasinya memang tidak terlalu tinggi. Nah mungkin hanya sampai disini penjelasan 7 Manfaat dan Fungsi Asam Amino Untuk Tanaman yang bisa saya terangkan dan jelaskan kepada sobat tani semua.

Semoga keseluruhan bisa bermanfaat sekian dari saya.. SALAM PETANI SUKSES INDONESIA....

Posting Komentar untuk "7 Manfaat dan Fungsi Asam Amino Untuk Tanaman"