Perbedaan Mankozeb Biru dan Kuning, Cari Tahu Sekarang!

Perbedaan Mankozeb Biru dan Kuning

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh sobat tani Kembali lagi di blog pertanian kesayangan anda. Kali ini akan membahas tentang Perbedaan Mankozeb Biru dan Kuning.

Dalam berbudidaya sayuran pasti memerlukan pengendalian terhadap serangan hama dan penyakit. Tidak dipungkiri tanaman yang dibudidayakan dapat terjadi gagal panen.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan gagal panen yakni salah satunya adalah karna serangan jamur patogen. Bahayanya lagi jamur dapat menyerang seluruh bagian tanaman dari buah, daun, batang, perakaran dan dapat menyebabkan tanaman mati.

Lalu bagaimana pencegahan atau pengendalian terhadap jamur dapat dimulai..?. Maka sobat tani perlu memperhatikan ketika olahan penggunaan plastik mulsa yang baik dan upaya teknis lainnya. Adapun alternatif terakhir yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan fungisida.

Fungisida Mankozeb

Fungisida merupakan jenis pestisida yang berperan dalam mencegah tumbuhnya jamur pada tanaman. Mankozeb adalah salah satu bahan aktif fungisida yang dapat diaplikasikan untuk mengatasi permasalahan tanaman yang diakibatkan oleh jamur.

Beberapa manfaat yang ada dalam bahan aktif mankozeb yaitu :

  1. Mencegah dan mengatasi busuk kering di tanaman cabai 
  2. Mencegah terjadinya kebusukan daun teh 
  3. Mengatasi antraknosa pada bawang merah 
  4. Mencegah kebusukan pada tomat dan 
  5. Mengendalikan kebusukan daun pada kubis 
Mankozeb yang tersebar di pasaran sangat mudah ditemui dengan berbagai merk dagang dan berbagai produsen. Pada umumnya menkozeb terdapat dua jenis yaitu ; Mankozeb  biru dan Mankozeb kuning.


Secara umum mankozeb biru dan kuning memiliki beberapa fungsi yang sama. Namun perbedaan antara keduanya terdapat pada kandungan bahan dasarnya yaitu mangan, Ethylebisdithio carbamat dan zinc.

Pada Mankozeb biru kandungan mangan dan zinc nya lebih tinggi dibandingkan Mankozeb kuning. Hal ini ditandai dengan MN ++ dan ZN ++ yang bisa kita temui pada setiap kemasan produk Mankozeb biru.

Selain itu perbedaan harga jual dari menkozeb biru juga relatif lebih mahal dari Mankozeb kuning. Sehingga Mankozeb biru bisa dikatakan lebih efektif dibandingkan dengan mankozeb kuning untuk mengendalikan jamur yang menyerang pada tanaman.

Fungisida Mankozeb Biru

Setelah mengetahui arti dan sedikit penjelasan diatas dari mankozeb maka berikut beberapa contoh produk dengan bahan aktif mankozeb biru yaitu :

Fungisida Victory biru 75wp  

Perbedaan Mankozeb Biru dan Kuning


Merupakan salah satu produk dari BC atau yang biasa kita kenal dengan cap kapal terbang. Victory memiliki bahan aktif yaitu Mankozeb 75% formulasi ini di aplikasikan dengan cara disemprotkan dan dicampur dengan air yang akan membentuk suspensi. 

Victory 75 WP merupakan fungisida kontak yang dimana disemprotkan bertujuan melindungi sisi luar atau permukaan tanaman agar membasmi langsung jamur yang menyerang. Selain itu juga fungisida ini bersifat protektif yang artinya ketika disemprotkan sebelum terjadinya serangan jamur.

Fungisida Victory 75WP digunakan untuk mengendalikan penyakit bercak ungu pada tanaman bawang merah. Penyakit antraknosa pada tanaman cabai serta penyakit busuk daun pada tanaman kentang dan tomat. Dengan dosis pengaplikasian 1,5 sampai 3 gram per liter atau 2-3 sendok makan per tangki 16-20 liter.

Victory 75 WP Atau biasa kita kenal dengan Victory biru memiliki ukuran kemasan 1 kg dengan kisaran harga 90.000 sampai 100.000.

Macoban Biru 80 WP 

Perbedaan Mankozeb Biru dan Kuning

Merupakan fungisida protektif dari Royal Agro berbentuk tepung yang dapat disuspensikan. Sebagai fungisida yang bersifat protektif macoban dapat melindungi bagian luar tanaman.

Macoban di aplikasikan untuk mengendalikkan penyakit hawar daun pitoptora investans pada tanaman kentang. Macoban bekerja dengan mengganggu proses metabolisme lipid, pernafasan, dan produksi energi sel pada jamur. 

Macoban merupakan fungisida dengan bahan aktif dan mankozeb 80% yang di aplikasikan dengan cara disemprot dengan dosis pemakaian 4 gram per liter air.

Macoban sangat mudah ditemui di toko pertanian online ataupun offline dengan kisaran harga 110.000 sampai 115.000. Dengan harga tersebut bisa terbilang cukup mahal untuk kemasan 1 kg.

Namun hasil dari kinerja bahan aktif Mankozeb serta hasilnya juga sangat memuaskan. 

Fungisida Mankozeb Kuning

Berikut ini contoh produk dengan bahan aktif mankozeb berwarna kuning yang sobat tani dapatkan di pasaran sebagai berikut ;

Manteb 80 WP 

Perbedaan Mankozeb Biru dan Kuning

Merupakan produk dari saprotan utama atau yang biasa kita kenal dengan Pak Tani. Manteb 80WP ini memiliki bahan aktif yaitu menkozeb 80% dengan formulasi tepung berwarna kuning.

Selain itu juga manteb 80wp ini memiliki ukuran Partikel kecil dan cara pengaplikasian dengan cara disemprotkan. Ketika proses pencampuran perlu dilakukan pengadukan yang sedikit lama agar tercampur merata.


Manteb 80 WP merupakan fungsi darah bersifat protektif yang diaplikasikan sebelum adanya serangan. Dimana berfungsi agar dapat melindungi tanaman dari serangan jamur.

Fungisida ini memiliki warna kuning dan digunakan untuk mengendalikan beberapa penyakit yakni :
  • Bercak ungu (alternaria pori) pada tanaman bawang merah 
  • Busuk daun (pituktora investan) pada tanaman kentang
  • Busuk daun (kercosfora capzici) pada tanaman cabai
  • Bercak coklat dan penyakit Hawa daun pada tanaman tomat.
Dosis penggunaan fungisida mankozeb manteb 80wp ini adalah 2-4 gram per liter atau 2-4 sendok makan untuk tangki 16-20 liter. Dengan ukuran 1 kg dan kisaran harga 150.000 sampai 160.000.

Antila 80 WP 

Perbedaan Mankozeb Biru dan Kuning

Merupakan produk dari Krisna yang memiliki bahan aktif yaitu Mankozeb 80% yang merupakan fungisida bersifat protektif. Dimana fungisida ini diaplikasikan sebelum adanya serangan agar melindungi tanaman dari serangan jamur.

Fungisida dengan formulasi tepung berwarna kuning dan diaplikasikan dengan cara penyemprotan. Dapat mengendalikan berbagai penyakit yakni :

  • Bercak ungu (alternaria Pori) pada tanaman bawang merah 
  • Penyakit antraknosa pada cabai 
  • Busuk buah (pitoptura palmivora) pada tanaman kakao 
  • Busuk daun (pitoptura investance) pada tanaman kentang 
  • Hawar daun (pitoptura investance) pada tomat 
Dosis penggunaan antila 80 wp pada tanaman yakni 2-4 gram per liter atau 2-4 sendok makan untuk tangki 16-20 liter. Antila 80 wp dengan ukuran 1 kg dan kisaran harga 80.000 sampai 88.000 dan kemasan 500 gram dengan kisaran harga 45.000 sampai Rp50.000.

Victory 80WP Kuning

Perbedaan Mankozeb Biru dan Kuning

Fungisida Victory 80WP adalah solusi yang efektif untuk mengendalikan penyakit antraknosa (Patek) yang disebabkan oleh jamur dan cendawan pada berbagai tanaman seperti kedelai, tomat, wortel, cabai, terong, semangka, mentimun, buncis, bawang merah, bawang putih, terong, dan melon. 

Produk ini berbentuk tepung berwarna kuning dan bekerja secara langsung sebagai fungisida kontak. Fungisida ini juga dapat digunakan untuk mengatasi penyakit bercak ungu, busuk daun, dan antraknosa pada tanaman cabai, tomat, kentang, bawang, dan tembakau. 

Dengan Victory 80WP, Anda dapat melindungi tanaman Anda dari serangan penyakit yang berpotensi merusak hasil panen. Harga di pasaran victory 80WP Kuning 90.000 sampai 100.000.

Antracol 70 WP 

Perbedaan Mankozeb Biru dan Kuning


Merupakan fungisida kontak yang bersifat protektif berbentuk tabung yang dapat disuspensikan. Antracol 70 WP merupakan produk dari buyer yang berwarna krem dan berbahan aktif propinep 70%.

Fungisida antracol 70wp ini digunakan untuk mengendalikan penyakit-penyakit pada tanaman sebagai berikut : anggrek, anggur, apel, bawang merah, bawang daun, bawang putih, cabai merah, cengkeh, jagung, jarak, jeruk, kacang tanah, kacang panjang, dan lain sebagainya.

Adapun beberapa keunggulan pada fungisida antracol antara lain :
  1. Dapat bekerja secara preventif yaitu mencegah terjadinya serangan 
  2. Tidak mudah resistensi 
  3. Dapat mensuplay unsur harazing dalam hal kekurangan unsur hara dari beberapa Tanaman 
  4. Dapat digunakan di segala musim baik kemarau maupun hujan 
Pengaplikasian antracol pada tanaman cabai untuk mengendalikan penyakit busuk batang dapat menggunakan dosis 1-2 gram per liter air. Antarcol 70 WP terdapat tiga varian kemasan yaitu ; 
  • Kemasan 250 gram dan kisaran harga 40.000 sampai 55.000 
  • Kemasan 500 gram dan kisaran harga 85.000 sampai 95.000 
  • Kemasan 1 kg dengan kisaran harga 160.000 sampai 170.000 

Penutup

Nah itu tadi beberapa produk Mankozeb biru dan kuning yang dapat sobat tani gunakan dalam proses budidaya tanaman. Tentunya sebagai alternatif terakhir Mungkin cukup sampai di sini ya pembahasan Perbedaan Mankozeb Biru dan Kuning.

Sekian dan terima kasih, SALAM SUKSES PETANI INDONESIA

Apabila sobat tani ingin berbelanja kebutuhan pertanian dengan harga terjangkau dan seller terpercaya. Klik gambar dibawah ini untuk mendapatkan GRATISS ONGKIR!



Posting Komentar untuk "Perbedaan Mankozeb Biru dan Kuning, Cari Tahu Sekarang!"