Pupuk KNO3 fungsinya untuk apa? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Pupuk KNO3 fungsinya untuk apa
Pupuk KNO3 fungsinya untuk apa

Pupuk KNO3 fungsinya untuk apa - Hallo sobat toko pertanian lampung pada artikel kali ini kita akan membahas satu lagi jenis pupuk yang memiliki kandungan kalium tinggi yakni pupuk kno3.

Seperti Apa itu pupuk kno3..? Apa saja kandungan yang terdapat di dalamnya..? dan apa manfaat yang dimilikinya untuk tanaman..?

Maka kita akan membahasnya pada artikel kali ini. Namun sebelum apabila sobat toko pertanian lampung ingin berbelanja produk pertanian online.

Dapat klik Toko Pertanian Online anda dapat berbelanja GROSIR ataupun ECER. Atau untuk info lebih lanjut bisa hubungi kami di 0856-6956-5495 (Roni Yahya)

Pupuk Kalium Nitrat Adalah

Salah satu pupuk majemuk yang cukup dikenal dan banyak beredar di pasaran adalah pupuk kno3 atau pupuk kalium nitrat.

Pupuk kalium nitrat merupakan pupuk majemuk atau kombinasi dari dua pupuk tunggal yang mengandung unsur nitrogen dalam bentuk nitrat dan kalium dalam bentuk K2O atau kalium oksida.

Pupuk kalium nitrat atau kno3 menjadi salah satu alternatif pupuk yang dapat digunakan terhadap komoditas tanaman produksi yang sensitif terhadap keracunan klorida atau klorin seperti kentang wortel dan tembakau.

Sehingga dalam penggunaannya pupuk kno3 lebih aman digunakan untuk berbagai jenis tanaman dibandingkan dengan pupuk KCL. Terdapat dua jenis pupuk kno3 yang beredar di pasar yakni : 

Pupuk KNO3 Merah

Biasanya digunakan saat tanaman sedang dalam masa vegetatif karena kandungan yang terdapat di dalamnya adalah : 15% nitrogen (N), 14% kalium (K), 18% Natrium (Na) dan 0,05% Boron (Bo).

Dari kandungan tersebut membantu merangsang pertumbuhan vegetatif dan mampu mempercepat atau merangsang pertumbuhan bunga dan buah.

Pupuk KNO3 Putih

Sedangkan pupuk kno3 putih cocok digunakan saat tanaman sedang dalam masa generatif karena kandungan kalium yang ada di dalamnya cukup tinggi.

Kandungan dalam pupuk kno3 putih terdiri dari : Kalium(K) 46% dan Nitrogen (N) 13%. Pupuk ini digunakan saat masa generatif karena mampu mencegah terjadinya kerontokan bunga dan buah meningkatkan daya tahan tanaman terhadap penyakit dan tekanan lingkungan serta meningkatkan kualitas aroma dan rasa.

Pupuk KNO3 Putih tetap dapat digunakan pada masa vegetatif dengan cara memberikan dosis yang jauh lebih kecil sekitar 1/3 hingga 1/2 dosis yang dianjurkan.

Manfaat dan Fungsi Pupuk KNO3

Karena kita sudah membahas mengenai pupuk kno3 merah dan putih jadi kami akan membahas manfaat pupuk kno3 berdasarkan jenisnya :

Pupuk KNO3 Merah

Beberapa manfaat pupuk kno3 merah untuk tanaman diantaranya sebagai berikut :

  • Memacu pertumbuhan vegetatif dan daun2 
  • Membantu mempercepat pertumbuhan bunga dan buah 
  • Meningkatkan produksi tanaman 
  • Meningkatkan kualitas buah biji dan terutama umbi 
  • Mencegah penyakit busuk umbi 
  • Meningkatkan berat buah biji dan umbi 
  • Meningkatkan kualitas rasa dan aroma 
  • Kandungan boron pada kno3 merah dapat meningkatkan transportasi Karbohidrat pada tanaman 
  • Unsur natrium berperan dalam membantu penyerapan air oleh akar tanaman sehingga tanaman Hai bertahan saat musim kemarau 
  • Membuat hasil panen menjadi lebih tahan lama 

Pupuk KNO3 Putih

Manfaat pupuk kno3 putih beberapa diantaranya :

  • Dapat mencegah terjadinya kerontokan pada bunga maupun buah 
  • Membuat pohon lebih tahan terhadap kekeringan 
  • Mampu memicu pertumbuhan maupun pertumbuhan akar 
  • Mampu merangsang pertumbuhan vegetatif 
  • Jumlah anakan akan makin meningkat 
  • Adanya unsur n terhitung dapat menaikkan presentasi protein bahkan terhitung naikkan kuantitas berasal dari bulir padi 

Cara Aplikasi Pupuk KNO3

Pupuk kno3 pupuk kno3 tergolong pupuk yang mudah larut dalam air sehingga cara menggunakan pupuk kno3 bisa dengan penyemprotan maupun dengan pengecoran.

Cara Pengaplikasian Dengan Metode Penyemprotan

Cara pengaplikasian kno3 dengan metode penyemprotan pada daun akan lebih cepat hasil manfaatnya atau efek penyerapannya dibandingkan saat diaplikasikan lewat akar.

Tentu hasil yang maksimal memerlukan proses pengaplikasian yang tepat waktu, tepat cara dan tepat dosisnya.

Apabila dalam proses pengaplikasian jika tidak tepat waktu atau dosisnya maka tanaman justru berisiko mengalami gejala terbakar. 

Cara Pengaplikasian Dengan Metode Kocor

Sedangkan jika diaplikasikan dengan cara bocor dosis yang dianjurkan adalah sekitar 2 hingga 5 gram per liter atau  400 gram per drum 200 liter.

Jika pertanaman dikenakan 250 ml maka per drum 200 liter bisa memenuhi 800 tanaman. 

Cara Pengaplikasian Dengan Metode Tabur

Selain penyemprotan dan pengocoran pupuk kno3 juga bisa ditaburkan untuk pupuk yang berbentuk Pril atau butiran. Cara Pengaplikasian dilakukan saat olah tanah sebagai pupuk dasar dilletakan didasari atau di tengah bedengan kemudian di tutup tanah.

Selain itu juga bisa ditugalkan sekitar lubang tanam yakni dengan cara membuat lubang khusus 10-15 cm dari lubang tanam kemudian untuk dosis 5 hingga 10 gram per lubang tugal.

Harga Pupuk KNO3

Sobat tani harga pupuk KNO3 putih atau merah di pasar online berbeda-beda. Bahkan juga untuk di toko pertanian pasti memiliki perbedaan tergantung dengan merk dari pupuk tersebut.

Namun apabila sobat toko pertanian lampung ingin berbelanja online bisa berkunjung langsung di marketplace kami atau Website Store kami dibawah ini :

toko pertanian online

shopee


Kesimpulan

Maka itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai pupuk kno3. Bagi sobat tani yang ingin menggunakan pupuk jenis ini anda bisa mendapatkannya dengan mudah di toko-toko pertanian terdekat.

Semoga apa yang kami sampaikan bisa menjadi referensi bagi Anda yang sedang mencari jenis pupuk terbaik untuk perkebunan yang anda miliki. Sekian dan terima kasih. Salah Petani Indonesia

Posting Komentar untuk "Pupuk KNO3 fungsinya untuk apa? Berikut Penjelasan Lengkapnya"