Insektisida Lalat Buah Paling Ampuh, Kenali Apa Saja Merknya..?

Daftar Isi

Insektisida Lalat Buah Paling Ampuh
Insektisida Lalat Buah Paling Ampuh

Hallo sobat toko pertanian lampung, kita akan merasa geram apabila tanaman buah cabai kita membusuk, lonyot dan berguguran. Penyebab buah busuk disertai basah sudah dipastikan terindikasi terserang lalat buah. 

Selain itu jika dilihat lebih dekat lagi akan nampak bintik hitam kecil di bagian buah yang merupakan karya lalat buah betina. Karena lalat buah betina bekerja meletakkan telur-telurnya dengan cara menusukkan ovipositornya di dalam buah cabai.

Sehingga telur akan menetas dan akan menjadi larva hidup di dalam buah cabai tersebut. Larva tersebut akan hidup dan memakan di dalam buah cabai sehingga lama-kelamaan buah akan membusuk.

Cara membasmi lalat buah pada tanaman cabai selain mematikannya sobat tani juga dapat membasmi telurnya. Sekaligus cara ini paling efektif untuk mengurangi populasi lalat buah di lahan tanaman cabai. 

Perlu sobat tani ketahui bahwa tidak semua jenis insektisida dapat digunakan untuk membunuh telur lalat buah. Hanya insektisida yang bersifat ovisida saja yang bekerja untuk membasmi lalat buah.

Insektisida Lalat Buah Paling Ampuh Pada Tanaman Cabai dan Tanaman Lainnya

Maka berikut saya rekomendasikan insektisida yang ampuh bunuh lalat buah sampai ke telur-telurnya :

1. Dangke 40 WP 

Bahan aktif yang terkandung adalah metomil 40% bersifat sistemik dengan racun kontak dan lambung yang digunakan untuk mengendalikan ulat grayak dan ulat bor. Akan tetapi Dangke 40WP ini juga ampuh mengendalikkan lalat buah baik stadia dewasa sampai dengan telur-telurnya.

Untuk takaran dosis yang digunakan 1 - 1,5 sendok makan untuk satu tangki sprayer 16 Liter. Dangke 40WP perkemasan isi 250 gram dibanderol dengan harga Rp. 50.000 saja di toko pertanian online.

2. Match 50EC 

Insektisida yang mengandung bahan aktif Luvenuron 50 gr/l memang dikenal sebagai bahan aktif insektisida ovicida. Meskipun bekerja secara racun kontak dan lambung namun bisa mematikan telur lalat buah.

Sehingga tidak bisa menetas menjadi larva dan lalat buah dewasa. Dosis pemakaian match 50EC per tangki semprot 16 liter bisa melarutkan sebanyak 1 - 1,5 sendok makan. Kemudian untuk interval penyemprotan bisa disesuaikan dengan kondisi tanaman.

Harga Match 50EC marketplace toko pertanian sekitar harga Rp. 65.000 dengan ukuran kemasan 100ML.

3. Metindo 40SP 

Merupakan jenis insektisida berbahan aktif metomil 40% sistemik racun kontak dan lambung dalam bentuk tepung yang larut dalam air. Insektisida ini dapat membasmi hama yang berada di sela-sela tanaman sekaligus dapat mencegah menetasnya telur dari hama apabila racun mengenai telur hamanya.

Cara penggunaan untuk membasmi lalat buah dan ulat grayak tanaman cabai dengan dosis 2gr/l. Sehingga untuk tangki 16 liter sobat tani dapat menggunakan takaran 32gram/tangki.

Harga jual di marketplace toko pertanian online untuk kemasan 100 gram sekitar harga Rp. 20.000. 

4. Lannate 40SP 

Dengan bahan aktif metomil 40% dan mempunyai bentuk formulasi tepung suspensi sering digunakan untuk mengendalikan hama jenis ulat grayak baik mulai dari telur Larva hingga fase dewasa.

Akan tetapi metomil memiliki spektrum luas dan mampu untuk kendalikan lalat buah sekaligus. Dapat menggunakan dosis 1 sampai 2 gram perliter air atau sekitar 1 sendok makan per tangki sprayer 16 liter.

Insektisida lannate 40 SP dengan kemasan ukuran 100gram harga sekitar Rp. 30.000/bungkus. Insektisida sangat efektif dan akan cepat terserap oleh jaringan tanaman sehingga ampuh mengendalikan hama dalam jangka waktu tidak lama yakni 15 menitan.

5. Metindo 40SP 

METINDO 40 SP merupakan pestisida revolusioner yang menawarkan solusi lengkap dalam memerangi hama dan serangga di kebun Anda. Dengan formulasi insektisida sistemik yang dapat larut dalam air, METINDO 40 SP tidak hanya mengandalkan efek kontak, tetapi juga lambung, memberikan perlindungan menyeluruh terhadap tanaman Anda.

Keunggulan utama METINDO 40 SP terletak pada kemampuannya menembus jaringan tanaman, sehingga mampu membasmi hama yang bersembunyi di dalam tanaman, bahkan di sela-sela tanaman. Tidak hanya itu, pestisida ini juga efektif dalam mencegah telur-telur hama menetas, memastikan bahwa siklus reproduksi hama terganggu.

Dengan warna putih hingga krem, METINDO 40 SP mudah larut dalam air dan dapat diterapkan dengan mudah. Melalui penyemprotan atau penyiraman, Anda dapat mengatasi hama seperti Ulat Grayak, Penggerek Buah, Penggerek Pucuk, dan perusak daun dengan efektif. Bahkan sarang semut pun dapat diatasi dengan penggunaan METINDO 40 SP.

Untuk penggunaan yang optimal, larutkan 1-2 gram METINDO 40 SP per liter air dan semprotkan pada tanaman yang terinfeksi hama, ulat, atau kutu. Dengan METINDO 40 SP, kebun Anda akan terlindungi secara menyeluruh, menjadikan pertanian Anda lebih produktif dan bebas dari gangguan hama.

6. Yanet 27WP 

Yanet 27WP adalah insektisida berbentuk tepung putih yang dapat diencerkan dalam air, dirancang khusus untuk mengatasi hama ulat grayak pada tanaman cabai dan kedelai. 

Dengan kemampuannya mengendalikan hama yang sering merusak tanaman ini, produk ini memberikan manfaat yang signifikan dalam menjaga kesehatan tanaman Anda. 

Keunggulan utamanya mencakup daya bunuh yang cepat, spektrum yang luas dalam memerangi hama, serta kesesuaian secara ekonomis dan ramah lingkungan. 

Petunjuk penggunaan yang tersedia memudahkan Anda dalam aplikasi yang tepat, dengan dosis yang disesuaikan untuk tanaman kedelai dan cabai, sehingga Anda dapat melindungi tanaman dengan efektif dan efisien. 

Dengan Yanet 27WP, pertanian Anda akan mendapatkan perlindungan yang maksimal, menjadikan hasil panen lebih berkualitas dan berkelanjutan.

7.  MinectoXtra 200/200SC

Merupakan jenis insektisida yang di dalamnya terkandung dua bahan aktif seperti siantraniliprol 200 gr/l dan lufenuron 200 gr/l. Meskipun sobat tani mengenal insektisida ini digunakan mengendalikan hama jenis ulat seperti ulat daun maupun ulat grayak.

Akan tetapi dengan bahan aktif lufenuron sangat ampuh dalam membasmi hama lalat buah, trips maupun kutu daun bahkan jenis tungau sekalipun. karena lufenuron adalah insektisida sekaligus akarisida benzoylurea yang dimana mampu bunuh hama dari telur Larva hingga hama dewasa.

Dengan durasi perlindungan tanaman 14 hari setelah penyemprotan dan dosis Insektisida MinectoXtra sangatlah irit yakni untuk satu tangki sprayer 16 liter sobat tani cukup menggunakan 6-7ml saja.

Sehingga tidak diragukan lagi keunggulan Minecto Xtra ini adalah andal dan kuat dalam mengendalikkan ulat pada tanaman padi, tomat dan jagung.

Harga insektisida minectoxtra 100ml ini cukup mahal  sekitar Rp. 200.000an. Akan tetapi harga sebanding dengan kualitas dan keampuhan insektisida ini dalam mengendalikan hama.


Dimana saya bisa belanja obat pertanian dan pupuk pertanian terpercaya? Cek link dibawah ini :

Penutup

Semoga bisa jadi pilihan sobat tani dalam mengatasi lalat buah sampai ke telur-telurnya. Selain itu juga sobat toko pertanian lampung bisa mix antara insektisida metomil dan luvenuron tadi karena keduanya cara kerjanya berbeda. Sekian dan sampai jumpa dan salam petani sukses indonesia.

Posting Komentar